Olahraga Saat Puasa? Kenapa Tidak!

Saat berpuasa, biasanya tubuh mengalami penurunan energi dan konsentrasi sehingga tidak sedikit orang yang mengurungkan niat untuk berolahraga. Padahal, olahraga ketika puasa bermanfaat untuk meningkatkan stamina, daya ingat, rasa percaya diri, melancarkan sistem peredaran darah, dan mengurangi risiko serangan jantung. Kegiatan olahraga saat puasa tidak berbahaya jika dilakukan dengan benar. Oleh karena itu, perhatikan hal-hal berikut sebelum berolahraga.

Waktu Olahraga
Waktu olahraga yang disarankan adalah 1 jam menjelang buka puasa, minimal 2 jam setelah buka puasa, atau menjelang sahur. Olahraga pada waktu-waktu tersebut akan memudahkan Anda mengganti cairan tubuh yang hilang karena tidak perlu waktu lama untuk minum sesuai kebutuhan.

Intensitas Olahraga
Menurut pakar kesehatan, intensitas olahraga selama puasa sebaiknya dilakukan 40-50% lebih sedikit dibandingkan dengan saat tidak berpuasa. Jika biasanya Anda lari setiap hari selama 1 jam, maka saat puasa cukup lakukan kegiatan olahraga tersebut sebanyak 3 kali seminggu selama 30 menit. Sama halnya dengan olahraga pada hari-hari biasa, Anda juga tetap memerlukan pemanasan dan pendinginan agar terhindar dari cedera saat berolahraga.

Jenis Olahraga
Selain waktu yang tepat, jenis olahraga yang Anda pilih saat puasa juga harus tepat. Hindari olahraga yang terlalu berat dan pilih olahraga yang bisa dilakukan secara santai seperti halnya jogging, bermain sepeda, jalan santai, yoga, pilates, dan body balance. Lakukan olahraga tersebut sesuai dengan waktu dan intensitas yang disarankan.

Asupan Gizi
Selain waktu, intensitas, dan jenis olahraga, Anda juga perlu memperhatikan asupan gizi saat sahur dan berbuka. Hindari makan dalam jumlah yang berlebihan dan sebaiknya pilih menu makan sehat dalam porsi yang cukup. Pastikan setiap makanan mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan Omega-3.

Kebutuhan Tidur
Untuk menjaga tubuh tetap bugar saat puasa, Anda juga perlu memiliki waktu tidur yang cukup. National Sleep Foundation merekomendasikan waktu tidur yang cukup bagi orang dewasa sebanyak 7-9 jam per hari agar kinerja tubuh tetap optimal.   

Sekarang, sudah tidak ragu lagi kan untuk tetap berolahraga selama puasa?