Perbedaan Obesitas dan Kelebihan Berat Badan

Kedua istilah ini sering disalahpahami sebagai sesuatu yang sama karena keduanya sama-sama berpotensi menjadi faktor risiko dari berbagai penyakit seperti diabetes, jantung koroner, hipertensi, stroke, dan kanker. Namun, Anda perlu mengetahui perbedaan di antara keduanya.

Obesitas merupakan masalah kesehatan kompleks yang diakibatkan oleh kombinasi sebab dan faktor pendukung seperti pola diet, aktivitas fisik, penggunaan obat-obatan, lingkungan, pendidikan dan keterampilan, serta pemasaran makanan dan promosi. Obesitas menjadi masalah serius karena dikaitkan dengan hasil kesehatan mental yang buruk, berkurangnya kualitas hidup, dan penyebab utama kematian di seluruh dunia. Orang dengan obesitas mengalami penumpukan lemak berlebih sehingga berat badan jauh di atas normal. Sementara itu, kelebihan berat badan atau overweight merupakan kondisi berat badan melebihi ukuran normal.

Untuk mengetahui apakah Anda termasuk obesitas atau kelebihan berat badan, digunakan metode Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh (IMT) dengan cara membagi berat badan seseorang (kg) dengan tinggi tubuh (m), lalu dikuadratkan. Hasilnya, jika IMT kurang dari 18,5 artinya Anda mengalami underweight. Jika IMT 18,5 sampai 25 artinya berat badan tergolong normal. Jika IMT 25 sampai 30 artinya Anda mengalami kelebihan berat badan (overweight). IMT lebih dari 30, artinya Anda termasuk obesitas.

Sekarang sudah tahu kan apa perbedaan antara obesitas dengan kelebihan berat badan? Untuk mencegah masalah serius akibat keduanya, kelola berat badan Anda dengan baik dan terapkan gaya hidup sehat BodyKey by Nutrilite!