Perut Membuncit? Hindari Kebiasaan Ini!

Perut buncit bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk kebiasaan yang tanpa disadari sering kamu lakukan. Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan yang sebaiknya kamu hindari agar perut tidak membuncit.

  1. Makan terlalu cepat
    Sangat penting untuk menerapkan kebiasaan makan secukupnya dan mengunyah makanan dengan baik karena makan dengan terburu-buru bisa menyebabkan kita menelan udara sehingga perut menjadi kembung dan lama-kelamaan menjadi buncit. Untuk itu, kunyahlah makanan secara perlahan-lahan untuk menghindari penumpukan udara di perut.
  2. Mengonsumsi minuman soda
    Minuman ini memang terkesan menyegarkan, namun bukan pilihan yang baik bagi tubuh karena soda tidak memberikan nutrisi. Minuman ini justru mengandung zat yang menyebabkan sakit perut atau gangguan pencernaan lainnya. Kandungan gas di dalamnya berpotensi membuat perut lebih mudah buncit dan kembung. Untuk itu, hindari minuman soda dan pilihlah minuman alami seperti air putih atau jus buah dan sayur.
  3. Mengonsumsi makanan olahan
    Makanan olahan mengandung banyak sodium dan zat lain yang tidak baik bagi sistem pencernaan. Sodium adalah salah satu penyebab utama retensi cairan dalam tubuh, yang menyebabkan perut menjadi buncit. Untuk itu, pilih makanan alami dan konsumsilah lebih banyak buah, sayuran, dan biji-bijian bebas sodium.
  4. Makan sebelum tidur
    Saat tidur, tubuh membakar beberapa timbunan lemak. Tapi, bukan berarti kamu bisa membakar lemak dalam kondisi perut yang penuh. Selain menyebabkan timbunan lemak pada perut, makan sebelum tidur juga bisa meningkatkan risiko refluks asam lambung dan gangguan pencernaan. Untuk itu, makanlah 3 jam sebelum tidur.
  5. Kurang minum
    Minum terlalu banyak bisa menyebabkan perut kembung. Namun, kurang minum juga bisa menyebabkan hal yang sama dalam jangka waktu yang lebih lama. Saat tubuh mengalami dehidrasi, tubuh akan menahan seluruh cairan yang ada di dalamnya sehingga perut menjadi buncit. Untuk itu, penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih yang cukup.

Selain menghindari kebiasaan-kebiasaan tersebut, jangan lupa untuk memperbaiki pola hidupmu dan terapkan gaya hidup sehat agar tubuh sehat, perut rata, dan bentuk tubuh pun lebih ideal.