Rahasia Tidur Berkualitas

Tidur berkualitas tidak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental. Namun, tidak sedikit orang yang menganggap bahwa tidur berkualitas diperoleh dari berapa lama kita tidur. Padahal, tidur yang efektif adalah yang paling utama. Untuk itu, tingkatkan kualitas tidurmu dengan cara-cara berikut ini.

  1. Atur jadwal tidur yang tepat
    Membiasakan diri untuk tidur pada jam-jam tertentu sangat efektif dalam memperbaiki kualitas tidur. Tentukan jam tidur paling ideal bagi tubuhmu. Jika biasanya kamu tidur di waktu tengah malam dan bangun siang hari, maka kamu bisa memulai tidur lebih cepat dan bangun lebih awal dan hindari merusak kebiasaan ini pada hari libur. Jadwal tidur yang baik memiliki dua manfaat, yaitu efisiensi waktu tidur dan kualitas tidur yang lebih baik sehingga tubuh akan terasa lebih segar ketika bangun.
  2. Olahraga
    Olahraga dapat meningkatkan hormon tidur alami, seperti halnya hormon melatonin. Sebuah studi di jurnal Sleep menemukan bahwa perempuan pascamenopause yang berolahraga sekitar tiga setengah jam seminggu terbukti lebih mudah tertidur daripada mereka yang jarang berolahraga. Olahraga paling ideal dilakukan di pagi hari.
  3. Biasakan pola makan sehat
    Membiasakan diri untuk makan pada waktu yang tepat dengan menu yang sehat adalah hal penting yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B, D, kalsium, dan magnesium juga sangat baik untuk memperbaiki kualitas tidur.
  4. Buatlah ruangan senyaman mungkin
    Rasa nyaman di dalam ruangan juga memengaruhi kualitas tidurmu. Dengan kasur dan bantal yang empuk, serta kondisi suhu ruangan yang sesuai dengan tubuh, maka kamu akan tidur lebih nyenyak sehingga terbangun dalam kondisi segar. Sebuah penelitian The Ohio State University di Colombus menunjukkan bahwa sedikit cahaya dari ponsel atau komputer pun dapat mengganggu produksi melatonin dan mengganggu tidurmu. Untuk itu, matikan lampu saat tidur agar tidur lebih nyenyak dan berkualitas.