Rawat Gigi Anak, Kapan Harus Mulai

Rawat Gigi Anak, Kapan Harus Mulai?

Banyak orangtua yang bingung menentukan kapan serta sejauh apa anak mereka perlu perawatan gigi. Yang pertama bisa dilakukan adalah; kapan mulainya?

Sebenarnya langkah pertama untuk perawatan gigi anak adalah sebelum gigi pertama muncul. Walaupun belum kelihatan, tapi gigi sudah ada. Nggak kelihatan bukan berarti nggak ada, lho. Gigi sebenarnya terbentuk di trimester kedua kehamilan. Saat lahir, bayi punya 20 gigi susu, beberapa bahkan sudah terbentuk sempurna di rahang.

Melap bagian gusi bayi dengan lap basah setiap hari bisa membantu membersihkan gusi dari bakteri. Saat gigi sudah muncul, bisa dibantu gosok menggunakan sikat gigi bayi, menggunakan air dengan seulas pasta gigi sampai umur 2 tahun. Sekitar umur 2 tahun, kebanyakan anak bisa meludah saat menggosok gigi. Tambahkan pasta gigi sebanyak ukuran kacang, dengan pengawasan penuh, sampai sekitar umur 5 tahun.

Sebenarnya bayi pun bisa mengalami kerusakan gigi kalau nggak dibantu perawatannya. Menidurkan bayi sambil memberikan susu memang nyaman, tapi bisa merusak gigi bayi. Gula pada jus atau susu yang tertinggal di gigi bayi dalam waktu lama, bisa menggerus enamel serta menciptakan kondisi yang dikenal dengan bottle mouth. Gigi yang bebercak, berubah warna adalah beberapa tanda bottle mouth. Kasus parah yang terjadi adalah gigi berlubang serta harus dicabut.

Kamu bisa membantu merawat gigi anak, selain dengan menjaga kebersihannya, juga dengan menjaga asupan makanan yang tinggi kalsium, magnesium serta vitamin D. Selain dari makanan seperti susu, protein dan buah, kamu pastikan dengan menambahkan NUTRILITE Cal Mag D. Berbahan dasar alami kulit tiram dan ganggang laut, menyediakan mineral kalsium dan magnesium untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Bisa digunakan untuk anak yang sudah berusia 4 tahun ke atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *