Redakan Radang Sendi dengan Olahraga Ini

Redakan Radang Sendi dengan Olahraga Ini

Olahraga mungkin adalah hal terakhir yang terpikir di benak Anda ketika menderita radang sendi atau artritis. Anda pasti berpikir, lebih baik tidak perlu berolahraga daripada keluhan bertambah berat. Tapi jangan salah, olahraga yang tepat justru dapat membantu meredakan radang sendi Anda.

Olahraga yang tepat ini meliputi latihan peregangan (untuk menjaga fleksibilitas, kekuatan otot dan postur yang baik) dan latihan aerobik (untuk menguatkan jantung dan otot-otot tubuh).

Berikut adalah beberapa olahraga yang bisa dilakukan oleh penderita radang sendi:

Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga yang dapat bermanfaat untuk penderita arthritis, terutama artritis rematoid. Lakukan latihan yoga yang memfokuskan pada relaksasi dan peregangan sederhana. Hindari melakukan gerakan yoga yang berat seperti vinyasa yoga atau hot yoga, karena dapat meningkatkan panas tubuh dan memberikan tekanan berlebih pada sendi.

Jalan kaki

Jalan kaki merupakan aktivitas yang dapat meningkatkan kekuatan tulang dan otot. American College of Sports Medicine merekomendasikan untuk jalan kaki 3-5 kali seminggu selama 30 menit. Tentu jalan kaki yang dimaksud adalah dengan intensitas sedang (60%-85% dari denyut nadi maksimal). Namun, hindari melakukannya jika Anda merasakan nyeri berlebih pada lutut.

Pilates

Pilates merupakan olahraga yang dapat membantu menstabilkan sendi dan menguatkan otot-otot penyokong sendi. Prinsip dari olahraga pilates adalah menyelaraskan pikiran dan tubuh sehingga tubuh dapat menggunakan kemampuannya untuk mencapai keseimbangan, kekuatan, dan kesehatan. Pilates juga dapat membantu menurunkan berat badan, sehingga mengurangi risiko obesitas sebagai salah satu risiko utama artritis.

Jalan di air

Anda sering mengalami nyeri pada kedua lutut? Pilihlah olahraga di mana Anda bisa berjalan di air. Caranya mudah! Carilah kolam renang sedalam dada Anda (yang terpenting Anda bisa memijak pada dasar kolam), lalu mulailah berjalan dari ujung kolam ke ujung kolam lainnya dengan langkah cepat (seperti berjalan cepat di darat). Massa tubuh yang lebih ringan saat berada di dalam air dan kemampuan Anda mengapung akan mengurangi tekanan pada sendi-sendi.

Untuk mempermudah, Anda bisa menggunakan ikat pinggang khusus untuk jogging di dalam air (jogging water belt). Fungsinya adalah untuk mengurangi tekanan pada pinggul, lutut, atau pergelangan kaki.

Tai Chi

Bagi Anda yang menyukai olahraga santai dan tidak terlalu berat, mungkin bisa mencoba taici. Tujuan Tai Chi adalah untuk mengurangi nyeri, meningkatkan mobilitas, dan menguatkan otot tubuh. Anda bisa meluangkan waktu 20-40 menit setiap harinya untuk melakukan Tai Chi.

Olahraga yang tepat tidak akan membuat artritis Anda bertambah parah. Justru olahraga dapat membantu menurunkan berat badan, yang berarti akan mengurangi beban pada sendi. Yang penting, hindari memforsir diri saat berolahraga. Selain itu, lakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter untuk menentukan jenis dan porsi olahraga yang sesuai untuk Anda. Selamat berolahraga!