Teh Hijau untuk Menurunkan Berat Badan

Teh Hijau untuk Menurunkan Berat Badan

Saat ini, minuman atau makanan yang terbuat dari teh hijau banyak diminati oleh masyarakat. Sebagian besar menyukainya karena cita rasa teh hijau yang sangat khas dan berbeda. Namun ada juga yang mengonsumsi teh hijau untuk mencapai berat badan ideal. Beberapa penelitian menjelaskan bahwa teh hijau memiliki peranan dalam menurunkan berat badan, karena kandungan yang ada di dalamnya. Apa saja kandungan tersebut?

EGCG

EGCG adalah epigallocatechin-3-gallate, yaitu salah satu dari empat jenis senyawa katekin yang terkandung di dalam teh hijau. Setiap gram teh hijau mengandung 30-50 gram EGCG. Senyawa ini mengandung polifenol yang sangat tinggi. Polifenol merupakan antioksidan yang berperan sebagai anti-peradangan, yang dapat menghambat akumulasi lemak di dalam tubuh dengan menekan proses lipogenesis (proses pembentukan lemak di dalam tubuh).

Kafein

Teh hijau memiliki kandungan kafein. Kafein terbukti dapat membakar lemak di dalam tubuh.

Katekin

Menurut beberapa penelitian, kandungan katekin di dalam teh hijau dapat mencegah akumulasi lemak dan merangsang tubuh untuk membakar kalori.

Penelitian juga menyebutkan bahwa mengonsumsi ekstrak teh hijau sebelum berolahraga dapat membantu pembakaran lemak sebanyak 17%, bila dibandingkan  dengan tidak mengonsumsi teh hijau sebelum berolahraga.

Jadi, ada banyak cara kerja teh hijau dalam menurunkan berat badan. Teh hijau dapat mempercepat proses metabolisme tubuh, mencegah penumpukan lemak di dalam tubuh, membantu pembakaran lemak, serta menghambat proses pembentukan lemak tubuh. Namun, perlu diperhatikan bahwa olahraga juga penting dalam usaha menurunkan berat badan. Anda sebaiknya tidak bergantung pada asupan teh semata. Kombinasikan dengan olahraga sebanyak tiga kali per minggu, dan jagalah selalu pola makan.