Teknik-Memasak-yang-Tepat--agar-gizi-tidak-hilang

Teknik Memasak yang Tepat Agar Gizi Tidak Hilang

Bagaimana metode Anda dalam mengolah makanan sangatlah penting. Makanan yang berbeda membutuhkan pendekatan dan waktu yang berbeda. Secara umum, suhu yang dinilai ideal untuk dicapai ketika memasak adalah suhu internal minimal 75°C. Suhu ini diyakini dapat membunuh sebagian besar bakteri penyebab keracunan makanan. Gunakan termometer untuk memeriksa suhu internal makanan selama proses memasak.

Ketika memasak daging, sosis, ayam, pastikan agar makanan matang hingga ke bagian pusatnya, hingga tidak ada lagi daging atau cairan yang berwarna kemerahan. Ketika memasak ikan, lakukan hingga kulitnya mudah dipisahkan dengan garpu. Untuk makanan yang terbuat dari telur seperti telur dadar atau puding, masaklah hingga matang secara menyeluruh.

Sedangkan untuk memasak sayuran, sebetulnya teknik apa pun dapat digunakan, kecuali menggoreng. Yang terpenting adalah sayuran yang Anda konsumsi berjumlah banyak dan bervariasi.

Salah satu metode yang sering digunakan adalah menumis. Metode menumis membutuhkan hanya sedikit minyak dan waktu yang relatif sebentar. Siapkan bahan dalam suhu ruangan. Panaskan wajan terlebih dahulu, lalu masukkan minyak dan tunggu hingga minyak agak panas sebelum memasukkan sayuran, agar Anda tidak perlu memasak terlalu lama. Lama memasak bergantung pada tingkat kematangan dan kelembutan sayuran yang Anda inginkan; jaga agar warna sayuran tetap terang dan jangan sampai terlampau layu. Memasak terlalu lama dapat menurunkan kadar gizi di dalamnya.

Lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak setiap makanan sangat bervariasi, bergantung pada suhu bahan makanan sebelum dimasak, suhu perangkat masak, suhu minyak yang digunakan, dan sebagainya. Sesuaikan waktu memasak Anda dengan prinsip berikut agar makanan yang Anda konsumsi senantiasa aman untuk kesehatan.

  • Masak makanan dengan baik, setidaknya hingga mencapai suhu internal 75°C atau lebih panas
  • Gunakan termometer untuk memeriksa suhu makanan yang dimasak
  • Jika menggunakan microwave, pastikan makanan matang secara rata dan menyeluruh
  • Masak makanan yang berbahan telur hingga matang sempurna
  • Dinginkan dan simpan makanan yang telah dimasak sesegera mungkin

Ketika memanaskan ulang makanan, lakukan hingga panas terlihat mengepul

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Sehat nutrilite.co.id di laman website nutrilite.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *