TIPS #5 Ambil Langkah Pendek, tapi Cepat

Mencoba untuk mengingat 10 tips berbeda saat berlari pastinya menghilangkan keseruan lari. Coba untuk mengingat satu saja.

 

Ambil tiga langkah setiap detik (180 per menit – 90 setiap kaki). Mungkin terasa nggak natural, tapi bukan berarti kamu harus lari lebih cepat – coba untuk memperpendek langkah sehingga walaupun kamu melangkah lebih banyak, tapi kecepatanmu tetap sama.

 

Kenapa lari dengan cara ini? Menurut atlet ultramarathon Scott Jurek dalam buku Timothy Ferris yang berjudul 4-Hour Body, ” Saat kamu fokus untuk menambah jumlah langkah, tidak akan sempat untuk memikirkan untuk menambah kecepatan.” Langkah yang lebih pendek tapi cepat membantu untuk menghindari cedera dengan memaksamu berlari lebih pelah, dengan menumpangkan beban tubuh pada telapak kaki, dan bukan pada tumit dengan langkah kaki yang jauh ke depan. Teknik ini memaksamu untuk lari dengan cara yang natural – yaitu seakan kamu lari tanpa alas kaki.

 

Yang harus diperhatikan: menambah jumlah langkah akan terasa aneh di awal, dan kamu mungkin harus menurunkan kecepatan agar nggak cedera. Tapi tubuhmu akan beradaptasi dalam beberapa minggu. Kalau cara ini membuatmu susah untuk menikmati lari, tinggalkan dulu sementara. Dan kembali lagi saat kebiasaan larimu sudah lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *