Waspadalah-Jika-Anda-Letih-Lesu-Berkepanjangan

Waspadalah Jika Anda Letih Lesu Berkepanjangan

Tahukah Anda, letih lesu yang dialami dalam jangka waktu lama dapat merupakan gejala awal dari penyakit yang serius dan mengancam kesehatan Anda? Beberapa penyakit serius yang dapat memberikan gejala letih lesu antara lain gagal hati, kanker, gagal ginjal, penyakit jantung, dan diabetes melitus. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

Gagal hati

Gagal hati dapat disebabkan oleh overdosis obat, penyakit virus (hepatitis A, B, C), sirosis (pengerasan hati), penyakit autoimun, atau kanker. Penyakit ini memberikan gejala warna kuning pada sklera (bagian putih dari mata) dan kulit, letih lesu, nyeri perut kanan atas, perut begah, kembung, serta mual muntah.

Kanker

Kanker merupakan penyakit di mana terjadi pertumbuhan sel abnormal yang membelah dengan cepat dan tak terkontrol, sehingga menginfiltrasi dan menghancurkan jaringan tubuh yang normal dan menyebabkan kerusakan, penyakit, hingga kematian.

Gejala kanker berbeda-beda tergantung dari organ yang terkena, namun rata-rata kanker memiliki gejala umum yang serupa, yaitu penurunan berat badan drastis tanpa sebab yang jelas, penurunan nafsu makan, letih lesu, mual muntah, anemia, mudah berdarah atau memar, serta benjolan di bagian tubuh atau kelenjar getah bening yang terkena.

Gagal ginjal

Gagal ginjal adalah penurunan fungsi ginjal, sehingga tidak mampu menjalankan fungsi utamanya – menyaring kotoran dari tubuh dan mengeluarkannya dalam bentuk urin.

Umumnya gejala gagal ginjal belum nampak dengan jelas hingga masuk ke tahap yang berat. Gejalanya dapat berupa mual muntah, letih lesu, penurunan nafsu makan, volume urin berkurang, bengkak pada tungkai dan kaki, gatal-gatal di tubuh, dan sesak napas.

Terapi untuk gagal ginjal adalah cuci darah dan transplantasi ginjal.

Penyakit jantung

Penyakit jantung ada bermacam-macam, namun umumnya memberikan gejala nyeri dada, sesak napas, mudah lelah, berdebar-debar, serta bengkak pada kaki dan tungkai.

Penyakit jantung dapat disebabkan oleh serangan jantung – yaitu penyumbatan pembuluh darah koroner oleh plak lemak, penyakit jantung bawaan, infeksi, hipertensi, dan lain-lain.

Diabetes melitus

Diabetes adalah suatu penyakit metabolik di mana terjadi gangguan dalam metabolisme glukosa dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena insulin yang tidak ada, kurang, atau fungsinya tidak maksimal.

Terdapat dua jenis diabetes, yaitu diabetes tipe satu dan tipe dua. Diabetes tipe satu umumnya disebabkan karena faktor genetik, timbul pada anak atau remaja. Sementara diabetes tipe dua selain dipengaruhi oleh faktor genetik, disebabkan terutama oleh gaya hidup – terutama pola makan – yang tidak sehat.

Selain letih lesu dan mudah lelah berkepanjangan, gejala diabetes lainnya adalah mudah lapar, sering haus, berat badan turun, dan luka yang sulit sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *