4 Hal Penyebab Tubuh Kekurangan Energi

Energi merupakan faktor penting yang memengaruhi produktivitas sehari-hari. Kekurangan energi dapat membuat tubuh terasa lemas, mudah mengantuk, dan cepat merasa lapar. Hal-hal tersebut bisa disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan yang tidak sehat berikut ini.

  1. Kurang minum
    Sebuah survei yang dilakukan oleh Natural Hydration Council terhadap 300 dokter menemukan bahwa satu dari lima pasien mengalami kelelahan akibat tidak cukup minum. Kebanyakan dari mereka merasa dehidrasi setelah kehausan. Padahal, kelelahan, sakit kepala, dan kurang konsentrasi merupakan gejala awal dehidrasi. Untuk itu, minumlah air putih sesuai rekomendasi kesehatan, yaitu 5-6 gelas (1,2-1,5 liter) per hari untuk anak-anak, 8 gelas (2 liter) per hari untuk remaja, 8-12 gelas (2-3 liter) per hari untuk orang dewasa produktif, 12-13 gelas (3 liter) per hari untuk ibu hamil dan menyusui, dan 6 gelas (1,5-1,6 liter) per hari untuk usia lanjut. 
  2. Kurang aktif bergerak
    Kekurangan energi dan tubuh yang terasa lemas bisa juga diakibatkan oleh kurangnya aktivitas fisik. Untuk itu, lakukan olahraga teratur selama 20-30 menit per hari untuk melancarkan sirkulasi darah agar organ-organ tubuh mendapat asupan oksigen yang cukup.
  3. Kurang tidur
    Kurang tidur dapat mengakibatkan lonjakan hormon yang merangsang nafsu makan sehingga tubuh lebih cepat merasa lapar, namun tetap lemas setelahnya. Padahal, tidur yang cukup dengan kualitas yang baik berfungsi mengembalikan kondisi tubuh seperti semula dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kekurangan tidur juga mengakibatkan tubuh merasa lelah ketika bangun dan memicu hasrat untuk mengonsumsi makanan manis. Untuk itu, tidurlah sesuai dengan rekomendasi kesehatan WHO, yaitu 7-9 jam per hari. 
  4. Melewatkan sarapan
    Sebanyak 30% kebutuhan energi harian dapat diperoleh dari sarapan sehat. Sayangnya, banyak orang melewatkan sarapan karena menganggapnya sebagai hal sepele. Padahal, melewatkan sarapan dapat mengakibatkan tubuh kekurangan energi, membuat gula darah tidak stabil, menyebabkan tubuh mudah merasa lelah, dan membuat perut sering merasa lapar. Untuk itu, konsumsilah sarapan setiap hari dengan asupan protein yang cukup dan jumlah karbohidrat yang tidak terlalu banyak. Tambahkan juga Nutrilite Hi-Protein Powder untuk SUPER sarapan yang membuat harimu lebih produktif!