5 Makanan untuk Gigi dan Gusi Sehat

Gigi dan gusi yang sehat tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan bagian tubuh lainnya, tapi juga berpengaruh terhadap penampilan. Selain menyikat gigi dan memeriksakan kondisi kesehatan gigi dan mulut ke dokter secara teratur, kamu juga perlu memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan gigi dan gusi.

  • Apel
    Mengonsumsi apel di pagi hari tidak hanya baik untuk sistem metabolisme tubuh, tapi juga dapat membantu membersihkan dan memutihkan gigi, serta menghilangkan bau tak sedap pada mulut. Kandungan serat pada apel dapat menghilangkan plak yang menempel pada gigi. Sementara itu, zat asam pada apel berfungsi untuk membantu membunuh bakteri jahat yang menyebabkan bau mulut.
  • Jahe
    Mengonsumsi acar jahe atau ramuan dengan bahan dasar jahe sangat baik untuk menghilangkan bakteri penyebab bau mulut. Hal ini disebabkan oleh sifat antimikroba yang terdapat pada jahe. Penelitian yang dilakukan Fairfield Dental Associates menemukan bahwa jahe tidak hanya efektif melawan rasa mual dan nyeri otot, tapi juga memiliki sifat antimikroba yang kuat. Sementara itu, Tim Riset Universitas Korea telah mengonfirmasi bahwa ekstrak jahe dapat mengurangi pembentukan biofilm untuk berbagai jenis bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang.
  • Susu
    Susu atau produk olahannya mengandung kalsium yang diperlukan untuk membangun enamel yang kuat pada gigi. Beberapa penelitian menemukan bahwa susu dan produk olahannya tidak hanya mampu melindungi enamel gigi, tapi juga membantu memperbaiki kerusakan pada gigi berkat kandungan vitamin D dan protein yang terkandung di dalamnya. Namun, kamu perlu memilih susu dengan kadar gula yang rendah untuk bisa mendapatkan manfaatnya.
  • Sayuran hijau
    Bayam, kale, dan sayuran hijau lainnya memberikan nutrisi yang sehat untuk gigi dan gusi. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin A, serta vitamin B2 dan B12 yang terkandung di dalam sayuran hijau. Mengonsumsi sayuran hijau juga akan meningkatkan produksi air liur yang berfungsi untuk mencairkan asam dan membantu menghilangkan kotoran pada gigi.
  • Bawang
    Senyawa belerang antibakteri yang terkandung dalam bawang akan membunuh bakteri berbahaya penyebab gigi berlubang. Kamu bisa mengombinasikan bawang dengan makanan lainnya jika malas mengonsumsinya secara terpisah. Jangan lupa, sikat gigi sesudahnya supaya bau bawang tidak menempel di mulut!

Selain kelima makanan di atas, kamu juga bisa menguatkan gigi dan gusi dengan mengonsumsi suplemen sehat, seperti Nutrilite Cal Mag D yang berfungsi memberikan asupan kalsium, magnesium, dan vitamin D yang dibutuhkan untuk gigi.