7 Langkah Mudah Diet Gizi Seimbang

Diet gizi seimbang atau balanced diet adalah pola makan yang terbukti baik untuk tubuh. Hal ini disebabkan oleh gizi seimbang yang diperlukan tubuh dipenuhi dengan baik sehingga metabolisme pun berjalan dengan lancar. Untuk mendapatkan nutrisi lengkap, kamu perlu mengonsumsi seporsi makanan yang mengandung makronutrisi, mikronutrisi, fitonutrisi, dan serat sebanyak minimal 200 kalori.

Diet gizi seimbang sangat penting karena organ dan jaringan tubuh memerlukan nutrisi yang tepat untuk bekerja secara efektif. Tanpa nutrisi yang baik, tubuh lebih rentan terhadap penyakit, infeksi, kelelahan, dan kinerja yang buruk. Tingginya tingkat kegemukan dan obesitas merupakan salah satu contoh dampak buruk yang dihasilkan dari kurangnya nutrisi dan aktivitas fisik. Oleh sebab itu, lakukan langkah-langkah mudah diet gizi seimbang berikut untuk tubuh yang lebih sehat dan berat badan yang lebih ideal.

  • Pastikan nutrisi lengkap
    Pastikan kamu mengonsumsi nutrisi lengkap yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Konsumsilah berbagai jenis makanan dari masing-masing kelompok setiap harinya.  
  • Sesuaikan dengan jumlah kalori yang dibutuhkan
    Rata-rata, tubuh memerlukan sekitar 2.000 kalori harian. Namun, asupan kalori harian tiap orang berbeda-beda, bergantung pada usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas yang dilakukan. Berdasarkan pedoman Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), jumlah kalori harian yang dibutuhkan adalah 1.000-1.400 kalori untuk anak-anak, 1.400-2.000 kalori untuk remaja, 2.400-3.200 untuk orang muda dewasa aktif, dan 1.600-2.400 kalori untuk orang dewasa tidak aktif.
  • Hindari diet ketat
    Hindari mengikuti program diet yang mengharuskan kamu untuk menghindari makanan tertentu atau mengonsumsi makanan lainnya secara berlebihan. Hal ini akan membuat tubuh kelebihan atau justru kekurangan nutrisi sehingga diet jadi tidak seimbang.  
  • Batasi porsi makan dan camilan
    Hindari mengonsumsi makanan terlalu banyak dan batasi camilan yang kamu konsumsi. Camilan yang sehat mampu memenuhi 10-20% kebutuhan kalori harian. Untuk itu, pastikan semua camilan yang kamu konsumsi adalah camilan yang sehat.
  • Bantu dengan rencana makan sehat
    Dengan membuat rencana makan sehat, kamu akan mengetahui makanan apa yang harus dikonsumsi, kalori yang dibutuhkan setiap harinya, dan pencapaian diet gizi seimbang yang sudah kamu lakukan.
  • Konsultasi dengan ahli gizi
    Perbedaan kondisi tubuh tiap orang terkadang membuat diet gizi seimbang jadi membingungkan. Untuk itu, kamu juga perlu berkonsultasi dengan ahli gizi agar mengetahui apakah diet gizi seimbang yang kamu lakukan sudah tepat atau belum.
  • Lengkapi dengan suplemen
    Kamu mungkin tidak bisa mengonsumsi seluruh kelompok makanan karena alasan tertentu. Tapi, kamu tetap bisa memenuhinya dengan mengonsumsi suplemen yang tepat. Misalnya, mengombinasikan BodyKey dengan Nutrilite Hi-Protein Drink sebagai pilihan balanced meal.