Diet Sehat Pasca Melahirkan

Setelah melahirkan, hormon estrogen akan lebih tinggi dari progesteron sehingga berat badan susah turun, kulit berjerawat, dan mood menjadi tidak stabil. Akan tetapi, asupan nutrisi lengkap juga tetap diperlukan sehingga diet sehat menjadi cara yang bisa dilakukan agar tubuh tetap bugar dan berat badan kembali ideal. Berikut ini adalah beberapa tips diet sehat pasca melahirkan.

  • Jangan memulai diet terlalu cepat
    Tubuh membutuhkan waktu untuk pulih dari persalinan. Oleh karena itu, berikan waktu selama enam minggu sebelum memulai diet untuk kembali mendapatkan berat badan ideal. Sementara itu, para ahli merekomendasikan agar ibu menyusui menunggu dua bulan sebelum melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Memulai diet terlalu cepat setelah melahirkan dapat menunda pemulihan dan membuat tubuh kelelahan. Jadi, bersabarlah!
  • Perhatikan asupan gizi
    Mengonsumsi makanan bergizi tidak hanya diperlukan untuk mendukung banyaknya ASI yang keluar saat menyusui, tapi juga mendukung pemulihan dan penurunan berat badan secara alami. Konsumsilah makanan-makanan yang mampu mendukung kesehatan dan berat badan ideal seperti halnya ikan salmon yang baik untuk kesehatan jantung dan metabolisme tubuh, produk susu rendah lemak untuk produksi ASI dan sumber kalsium terbaik, daging sapi untuk memberikan energi, kacang-kacangan untuk meningkatkan asupan protein nabati, dan telur untuk membantu menjaga tubuh tetap kuat.
  • Bersikap realistis
    Ingatlah bahwa tubuh tidak akan benar-benar kembali ke bentuk semula. Setelah melahirkan, tekstur perut akan terasa lebih lembut, pinggul akan melebar, lingkar pinggang akan membesar, dan proporsi tubuh pun akan berubah. Jangan paksakan diri untuk mengembalikan bentuk tubuh, tapi optimalkan diet untuk membentuk berat badan ideal dengan kondisi tubuh yang sehat.
  • Olahraga teratur
    Tidak ada pil ajaib yang bisa membuat tubuh menjadi ideal dalam waktu sekejap dan tanpa usaha apa pun. Diet sehat yang dikombinasikan dengan olahraga teratur adalah cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap sehat, menurunkan berat badan, dan mencegahnya naik kembali. Lakukan olahraga minimal tiga kali seminggu selama masing-masing 30 menit untuk memastikan tubuh kehilangan lemak, bukan otot.

Selamat menjalankan diet sehat pasca melahirkan!