Jenis-jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Puasa

Olahraga perlu dilakukan selama puasa agar tubuh tetap sehat dan berenergi. Namun, pertimbangkan terlebih dulu waktu dan jenis olahraga apa yang tepat untuk dilakukan saat berpuasa. Berikut adalah jenis-jenis olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa:

  • Bersepeda
    Bersepeda saat puasa diklaim mampu membakar lemak dan menggunakan energi secara lebih efisien sehingga otot memiliki lebih banyak glikogen yang berfungsi sebagai cadangan energi. Bersepeda dapat membakar lemak sebanyak 75—620 kalori dalam ½ jam. Lakukan olahraga yang satu ini satu jam sebelum berbuka dengan durasi 30—40 menit.
  • Jogging
    Jika kamu memilih jogging untuk membuat tubuh tetap bugar selama puasa, pastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Untuk menghindari dehidrasi, pilihlah waktu berolahraga satu jam sebelum berbuka dengan durasi 20—30 menit. Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih dan buah-buahan yang mengandung banyak air pada saat berbuka puasa.
  • Berenang
    Otak dan otot menjadi lebih rileks karena aktivitas pernapasan yang dilakukan selama berenang. Selain menyenangkan, olahraga yang satu ini juga dapat membakar kalori sebanyak 434—665 kalori per jam. Berenanglah selama 30 menit pada saat menjelang berbuka puasa.
  • Yoga
    Olahraga sekaligus teknik relaksasi yang satu ini dapat membakar 364 kalori per jam. Selain menjadikan pikiran lebih tenang, olahraga ini juga mampu mendetoksifikasi tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lakukan olahraga yoga selama 30 menit dalam sehari untuk memperoleh manfaatnya.
  • Bowling
    Meskipun terlihat seperti permainan, olahraga yang satu ini mampu memperkuat otot, menurunkan berat badan, dan menyehatkan jantung. Kamu bisa menjaga keseimbangan dan stamina tubuh selama berpuasa dengan olahraga yang menyenangkan sambil menunggu waktu berbuka.