Gaya Hidup#dirumahaja

5 Tanaman Produktif untuk Bercocok Tanam di Rumah

Sejak memasuki masa adaptasi kebiasaan baru, masyarakat dituntut untuk menyesuaikan aktivitas sehari-hari agar tetap mematuhi protokol kesehatan, termasuk dengan bepergian hanya jika diperlukan.

Dalam menjalankan protokol kesehatan, banyak masyarakat yang memilih untuk tetap tinggal di rumah dan memenuhi semua kebutuhan dari rumah. Salah satunya dengan menanam aneka tanaman produktif di pekarangan rumah.

Selain bisa membuat aktivitas jadi lebih produktif, bercocok tanam di rumah juga bisa membantu menghasilkan aneka bahan makanan segar, obat-obatan, dan kebutuhan lainnya. Berikut ini adalah 5 tanaman produktif yang bisa kamu tanam di rumah.

  1. Singkong
    Di Indonesia, umbi-umbian yang satu ini termasuk bahan pangan pokok setelah beras dan jagung. Singkong mengandung 98 persen karbohidrat dan sisanya mengandung protein dan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, kandungan seratnya yang tinggi bermanfaat untuk bakteri baik dalam pencernaan sehingga mengurangi risiko peradangan.

  2. Kangkung
    Sayuran hijau ini bisa ditanam di musim apa saja dengan menggunakan berbagai media tanam. Hasilnya sudah bisa dipanen dalam waktu 3 minggu dari penanaman bibit. Selain mudah ditanam, kangkung juga mengandung vitamin dan mineral penting yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan mata, melawan kerusakan hati, mencegah peradangan, mengatasi anemia, dan mengurangi berbagai risiko penyakit.

  3. Bawang
    Selain membuat cita rasa masakan jadi lebih lezat, bawang juga mengandung antioksidan alami yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh. Cara menanamnya pun cukup mudah, yaitu tanam bibit bawang di dalam tanah dengan kedalaman 5 cm dan lakukan penyiraman secara rutin di pagi dan sore hari. Hasilnya bisa dipanen setelah ± 3 bulan penanaman.

  4. Wortel
    Sayuran berwarna oranye ini mengandung banyak air dan karbohidrat, serta serat dan vitamin. Selain berguna untuk menjaga kesehatan mata, wortel juga sangat baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan sistem imun tubuh. Menanam wortel tidak sulit karena tanaman ini dapat tumbuh di musim kemarau maupun hujan. Tapi, pastikan kalau media tanam yang digunakan adalah tanah yang subur dan gembur.

  5. Terong ungu
    Mengandung vitamin K, mineral, kalsium, dan bioflavonoid, terong ungu sangat bermanfaat untuk menutrisi otak, menjaga sistem pencernaan dan kesehatan tulang, melindungi tubuh dari radikal bebas, menjaga tekanan darah, serta mengatasi kolesterol. Tanaman ini bisa ditanam langsung di tanah maupun pot atau polybag. Hasilnya sudah bisa dipanen setelah 3-4 bulan penanaman.

Itulah lima jenis tanaman produktif dengan kandungan fitonutrisi yang bisa kamu tanam saat bercocok tanam di rumah.

Selain menanam dan mendapatkan manfaat kesehatan dari tanaman-tanaman tersebut, kamu juga bisa memperoleh manfaat fitonutrisi dengan mengonsumsi Nutrilite Double X yang mengandung 12 vitamin, 10 mineral, dan 22 konsentrat tumbuhan serta campuran PhytoPtotect™ untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Konsumsi setiap hari dan rasakan manfaatnya sampai nanti!